Lakukan 7 Langkah Ini Untuk Menjaga Motivasi Kamu Dalam Keadaan Apapun

Tags: tips, motivasi, cara, edukasi, kesehatan, quotes
"Kamu Bisa Melakukan Apapun!"

Bayangkan kalau kamu baru saja mulai bekerja, pindah ke rumah baru, sedang mengerjakan proyek baru atau menetapkan tujuan baru yang ingin kamu capai.

Pada awalnya semuanya terasa baik-baik saja, tetapi setelah kamu menyelam lebih dalam ke dalam proses itu, kamu menyadari kalau kamu memiliki tugas dan daftar panjang hal-hal yang harus dilakukan.

Kamu mulai merasakan tertekan/stres dan akhirnya menjadi depresi hingga sulit mempertahankan motivasimu. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Baca Juga: Kutipan Inspiratif Yang Bisa Meredamkan Stres

Mempertahankan motivasi sangat penting jika kamu ingin mencapai kesuksesan besar dalam hidup.

Terlepas dari apakah kamu seorang pelajar atau seorang yang sudah bekerja, kamu perlu belajar bagaimana caranya mengontrol stres agar bisa memaksimalkan tugas yang sedang kamu lakukan.

Kamu harus menemukan cara untuk membuat semuanya berjalan dengan baik.

Misalnya, jika kamu seorang pelajar dan merasa kesulitan untuk menangani semua mata pelajaran sekaligus, kamu bisa mencari bantuan tentang tugas yang sedang kamu kerjakan di mesin pencari seperti Google.

Atau jika kamu sedang membangun bisnis milikmu sendiri, mencari seorang mentor berpengalaman  akan sangat membantu.

Saat kamu merasa stres, kamu akan merasa seperti tidak bisa bergerak ke manapun.

Kamu membutuhkan seseorang atau sesuatu yang menginspirasi agar bisa keluar dari kebiasaan burukmu. Kamu membutuhkan sebuah pointer. Dan kamu butuh bantuan.

Dalam artikel ini, ImajiQuotes akan berbagi tentang "7 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kamu Tetap Termotivasi Bahkan Ketika Kamu Merasa Tertekan"

Langkah Untuk Menjaga Motivasi Dalam Keadaan Apapun


Berikut ini beberapa cara supaya kamu dapat mempertahankan motivasi ketika merasa stres atau tertekan:

Mungkin tidak akan mudah untuk kamu lakukan, tetapi mempelajari teknik-teknik ini untuk mengatasi stres adalah awal yang baik...

1. Berhenti membenci diri sendiri.


Salah satu hambatan terbesar untuk menemukan motivasi adalah kritik batin dari diri sendiri yang selalu hadir dalam setiap keadaan sulit. Stres berkembang dari dalam. Pemikiran dan emosi kamu sendiri lah yang menyebabkan stres.

Karena itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghentikan kritik batinmu. Jangan mengkritik diri sendiri dan jangan menggunakan kata-kata kasar pada diri sendiri.

Jangan mengkritik diri sendiri dan berhenti memberi label negatif pada diri sendiri. Ketika kamu tidak tahu bagaimana melakukan beberapa hal dan merasa kewalahan, itu normal. Itu terjadi pada semua orang.

Tidak ada yang terlahir ahli dalam segala hal. Setiap master pernah menjadi pemula, karena itulah kamu perlu belajar.

Baca Juga: 15 Kutipan Inspiratif Tentang Semangat Belajar

Ketika kamu merasa stres karena terlalu banyak pekerjaan hal pertama yang harus kamu dilakukan adalah istirahatlah. Kamu harus mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan hidup.

Ada alasan mengapa kamu merasa tertekan. Cari! Temukan! dan Singkirkan!

Sekarang kamu harus berhenti menyalahkan diri sendiri dan bukannya melihat berapa banyak hal hebat yang telah kamu capai sejauh ini.

Jika kamu sudah melakukan banyak hal pasti kamu juga akan memiliki solusi untuk masalah yang sedang kamu dihadapi.

Solusi:

Pertama, berhentilah membenci atau memberi label pada diri sendiri karena hal itu tidak akan membantu kamu sedikit pun.

2. Putuskan sementara koneksi kamu dengan Dunia.


Putuskan sementara hubungan kamu dengan dunia ini sehingga kamu dapat terhubung kembali dengan diri sendiri.

Menyalahkan diri sendiri menatap ponsel atau membaca buku tidak akan mengurangi stress, justru sebaliknya itu malah akan menambah stress.

Pergi ke suatu tempat yang hijau jika memungkinkan. Duduk saja di bangku dan santai. Manjakan diri dengan makanan sehat dan lezat.

Jangan minum kopi dan makan makanan cepat saji, pilih opsi tersehat yang kamu sukai. Cobalah berolahraga dan tidur sebanyak mungkin (minimal 8 jam/hari). Semua ini adalah cara terbaik untuk memulihkan energimu.

Jack Ma, pendiri Alibaba pernah berkata bahwa ketika dia merasa stres dan kewalahan atau ketika dia menghadapi masalah yang tidak ada solusinya, dia akan tidur.

Setelah tidur nyenyak, dia merasa bersemangat dan lebih siap untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Kamu dapat melakukan hal yang sama dengan memperlakukan diri dengan lebih baik.

Sama seperti jika kamu tersesat di hutan, cara terbaik untuk menemukan arah yang jelas adalah pergi ke tempat yang lebih tinggi sehingga kamu dapat melihat gambaran besar dari atas.

Hal yang sama berlaku untuk mengatasi stres. Ambil napas. Pergi ke suatu tempat dan lihat gambaran besarnya. Dan kemudian solusinya akan datang.

Solusi:

Perlakukan diri kamu dengan lebih baik dan cobalah untuk menjauh dari masalah sementara. Cobalah berfokus pada sesuatu yang lain. Tidur siang yang nyenyak, berjalan-jalan, berbicara dengan orang lain, mendengarkan musik, berolahraga, dll. Lakukan sesuatu yang membuat kamu rileks dan biarkan pikiran bawah sadarmu melakukan keajaibannya.

3. Cari bantuan untuk mengatasi masalah kamu.


Jika kamu tidak paham dengan suatu pelajaran jangan malu untuk bertanya, mintalah bantuan. Tanyalah teman atau guru kamu.

Jika kamu mengalami masalah dalam berbisnis cari bantuan dari orang lain yang telah sukses menjalankan bisnisnya.

Mencari bantuan adalah cara tercepat untuk menyelesaikan masalah. Apakah kamu tahu kalau membaca dan belajar juga merupakan bagian dari mencari bantuan?

Inilah sebabnya mengapa orang yang paling sukses adalah orang yang rajin membaca. Mereka banyak membaca.

Mereka tahu bahwa semakin banyak yang mereka baca, semakin banyak pula yang akan mereka pelajari. Semakin banyak mereka belajar, semakin baik jadinya.

Bayangkan kamu sedang bermain game dan karakter yang kamu mainkan ada di level 3. Ketika kamu menghadapi musuh level 5, ini akan menjadi pertempuran yang sulit. Sekarang, jika kamu meningkatkan level karakter ke level 8, musuh level 5 akan sangat mudah untuk dikalahkan.

Ketika kamu menjadi lebih baik, lebih kuat, dan bijaksana, stres akan hilang secara otomatis.

"Jangan berharap itu jadi lebih mudah, berharaplah kamu jadi lebih baik."
- Jim Rohn

Solusi:

Kamu perlu menjauh dari zona nyaman dan melakukan sesuatu yang lain. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan cara membaca, belajar, dan meminta bantuan orang lain.

4. Membagi dan mengerjakan.


Bagilah setiap pekerjaan yang kompleks dan memakan waktu menjadi lebih kecil, dan beri tanda masing-masing satu per satu.

Jauh lebih mudah untuk bangun ke masa depan dengan satu atau dua tugas yang mudah daripada banyak tugas yang sulit sekaligus.

Jika kamu mencoba untuk melakukan semuanya bersama-sama, itu malah membuat kamu menjadi stres.

Tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Melakukan satu atau dua tugas yang mudah dan menyelesaikannya dengan baik dan efisien jauh lebih baik daripada menyelesaikan banyak tugas dengan terburu-buru.

Ingat Roma tidak dibangun dalam satu hari. Baca Juga: "10 Cara Mudah Mengatur Waktu"

Solusi:

Tuliskan semua hal yang perlu kamu lakukan. Kamu dapat melakukannya seperti membuat daftar tugas. Dan kemudian memecah tugas itu menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan dapat ditindaklanjuti. Dengan cara ini kamu bisa memberi kejelasan tentang apa yang dapat kamu lakukan.

5. Hentikan membanding-bandingkan yang tidak perlu.


Sepucuk bunga tidak pernah membandingkan dirinya dengan bunga lainnya, ia hanya ingin mekar.

Kamu tidak pernah melihat burung yang stres, kan? Alasannya sederhana burung tidak membandingkan dirinya dengan yang lain.

Manusia, di sisi lain, mudah merasa tertekan karena mereka suka membandingkan diri dengan orang lain. Inilah sebabnya mereka merasa stres karena mereka berpikir bahwa mereka tidak lebih baik dari orang lain ketika mereka mulai membanding-bandingkan.

Kamu tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu hanya perlu membandingkan dirimu di hari ini dengan dirimu kemarin.

Selama kamu membuat kemajuan dan semakin mendekati tujuan, kamu akan baik-baik saja.

“Jangan membandingkan diri Anda dengan siapa pun di dunia ini. Jika Anda melakukannya, Anda menghina diri Anda sendiri."
- Bill Gates

Solusi:

Jangan bandingkan diri kamu dengan orang lain. Ketika kamu melihat seseorang mengendarai kendaraan yang lebih bagus dari milikmu atau melakukan sesuatu jauh lebih baik dari kamu, doakan dia.

Semakin kamu bersyukur dan mendoakan kesuksesan orang lain, semakin kamu bahagia dalam menjalani hidup.

6. Ubah lingkungan kerja kamu.


Terkadang, kita merasa stres dan tidak punya motivasi untuk bekerja karena terjebak di lingkungan yang sama. Kamu perlu melakukan perubahan.

Dalam kasus saya, saya tidak bisa menatap layar komputer/laptop sepanjang hari. Setelah saya bekerja di depan laptop selama beberapa jam, saya mulai merasa stres dan sulit berkonsentrasi.

Jadi hal yang akan saya lakukan adalah mengubah lingkungan disekitar saya. Saya akan membawa laptop saya dan bekerja di tempat lain yang lebih nyaman.

Ketika kamu mengubah lingkungan di sekitarmu menjadi lebih nyaman, kamu juga mengubah suasana hatimu serta menghilangkan stres.

Solusi:

Ubah lingkungan di sekitar saat kamu merasa stres dan kurangnya motivasi. Lingkungan baru memberi kesan kesegaran dan memungkinkan kamu untuk lebih fokus pada pekerjaanmu.

Kesimpulan


Mempertahankan motivasi kamu ketika stres lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ini karena ketika kamu merasa stres dan frustrasi, sulit untuk keluar dari pola pikir tersebut.

Namun kamu bisa ikuti metode di atas dan cobalah yang terbaik untuk menghilangkan stres dan tetap terus merasa termotivasi.

Posting Komentar

Copyright ©