7 Tips Sederhana Melatih Konsentrasi Dalam Belajar

Trik Melatih Konsentrasi Dalam Belajar

Belajar adalah suatu upaya yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan baru dari berbagai hal yang telah mereka pelajari.

Tujuan dan cara setiap orang dalam belajar tentunya berbeda-beda, kita bisa belajar dari siapapun dan dimana saja entah itu belajar dari pengalaman, bacaan/pengetahuan, pengamatan, aktivitas fisik dan yang lainnya.

Baca Juga: Kutipan Inspiratif Untuk Terus Semangat Dalam Belajar

Agar kita bisa belajar dengan efisien maka kita perlu untuk memiliki konsentrasi yang bagus dalam menyerap setiap pelajaran yang kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tentu sangat menyebalkan rasanya saat kita harus belajar banyak hal akan tetapi otak tak bisa berkonsentrasi.

Di artikel kali ini, saya selaku admin ImajiQuotes akan memberi beberapa tips pada kalian tentang "Cara Sederhana Melatih dan Memperkuat Konsentrasi Kamu Dalam Belajar" Melatih dan meningkatkan konsentrasi memang hal yang susah untuk dilakukan apalagi jika kita sudah berumur.

Namun, selama kita memiliki niat pasti akan ada jalan.

Tips Sederhana Melatih Konsentrasi Dalam Belajar


Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kamu coba untuk melatih konsentrasi kamu dalam belajar, selamat membaca!

1) Tidur.


Sebuah studi mengemukakan bahwa pikiran bawah sadar yang mendapatkan istirahat (tidur) cukup bisa membantu seseorang untuk mengambil keputusan yang lebih baik.

Karena kelelahan dan kurang tidur dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan mempengaruhi suasana hati seseorang.

Tidur dengan teratur dan cukup (8 jam sehari) dapat meningkatkan kekuatan ingatan seseorang.

Otak manusia harus dibersihkan dari pikiran buruk yang menumpuk di dalam otak dengan cara tidur.

Dengan tidur, seseorang akan mendapatkan waktu yang lebih baik saat menjalani hari berikutnya.

Karena itu, kita harus beristirahat/tidur  malam yang cukup minimal 7 sampai 9 jam setiap malam. Kebanyakan orang membutuhkan setidaknya 8 jam per malam.

Tidur itu penting karena memungkinkan otak kamu pulih dan membantu mengingat informasi dengan lebih efektif.

2) Olahraga.


Olahraga teratur adalah salah satu cara efektif untuk membantu meningkatkan konsentrasi kita saat belajar, karena dengan berolahraga tubuh kita mampu mempercepat sirkulasi darah ke otak.

Aktivitas fisik akan meningkatkan kemampuan dan fokus kamu, serta memberimu dorongan mental bahkan jika kamu hanya berolahraga dalam jangka waktu 15 hingga 20 menit saja per harinya.

3) Buat Pembelajaran Jadi Menarik.


Agar kamu tetap berkonsentrasi dalam belajar, ada baiknya untuk mempelajari berbagai hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Ini bisa dilakukan dengan cara membuat dan membaca buku catatan yang mudah dipahami dan kemudian mempelajarinya.

Berikut ini metode belajar yang bisa kamu coba:

  • Mendengarkan audio tentang topik yang sedang kamu pelajari dan buatlah catatan tentang apa yang baru saja kamu pelajari melalui audio tersebut, ini bertujuan agar kamu lebih memahami apa yang sedang kamu coba pelajari.
  • Menonton video tentang topik yang sedang dipelajari. Ada banyak video pembelajaran bermanfaat yang bisa kamu tonton di Youtube.
  • Membuat catatan yang mudah dipahami dari apa yang telah kamu baca di buku pelajaran.
  • Kamu bisa mencoba untuk menulis pertanyaan dan jawabannya. Ini dapat berupa pertanyaan dari buku atau bahkan pertanyaan yang menurutmu akan muncul pada tes ujian. Ini adalah cara yang baik untuk menguji pemahaman kamu tentang apa yang sudah kamu pelajari.
  • Buat peta konsep. Peta konsep bisa jadi cara yang bagus untuk memecah informasi menjadi diagram sederhana yang lebih mudah dipelajari dan diingat.
Dengan melakukan metode pembelajaran seperti ini maka kamu bisa mempelajari materi yang sama tetapi menggunakan metode alternatif yang akan membutuhkan penggunaan jalur otak yang berbeda. Ini akan meningkatkan kemampuanmu dalam belajar.

5) Makanan


Penelitian menunjukkan bahwa siswa bisa belajar lebih baik ketika mereka mendapat gizi yang baik. Seberapa sering kamu makan juga dapat memiliki efek yang kuat pada tingkat energi yang kamu punya.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang tepat dan memulai hari dengan sarapan yang layak karena ini bisa dengan signifikan meningkatkan energi kamu dalam berkonsentrasi.

Makanan dengan protein tinggi, karbohidrat, dan gula rendah adalah cara yang bagus untuk mengisi bahan bakar pikiranmu agar dengan mudah menyerap pelajaran yang ada.

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat menyebabkan tingkat konsentrasi yang buruk.

Makanan apa yang baik untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat?

  • Bluberi
  • Alpukat
  • Seledri
  • Brokoli
  • Sayur-sayuran
  • Teh hijau
  • Minyak kelapa
  • Kaldu sumsung tulang
  • Kuning telur
  • Coklat hitam
  • Oat dan serat
  • Kacang-kacangan, kenari dan biji-bijian
  • Kacang dan Lentil
  • Salmon
  • Kunyit

6) Hindari Ruangan Belajar Yang Berantakan


Penting untuk memiliki area kerja yang bersih dan rapi ketika kamu mencoba belajar.

Ruangan yang berantakan dapat berdampak negatif terhadap suasana hatimu, bahkan bisa mengurangi kemampuan untuk berkonsentrasi dan memproses informasi secara efektif.

7) Motivasi


Motivasi adalah elemen lain yang bisa mempengaruhi kemampuan belajar kita.

Mengapa kamu ingin belajar? Apa tujuan dan motivasi kamu dalam belajar?

Memiliki pemahaman yang jelas tentang mengapa kita ingin belajar akan memberi semangat untuk terus belajar hal baru.

Misalnya, jika kamu belajar bahasa Inggris karena kamu ingin berpergian keluar negeri, maka kamu cenderung memiliki motivasi lebih untuk mempelajari bahasa Inggris.

Menetapkan tujuanmu dalam belajar bisa meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan keinginan kamu dalam belajar.

Posting Komentar

Copyright ©