Tahukah Kamu Kalau Ketidakpastian Adalah Salah Satu Kunci Menuju Kesuksesan

Ketidakpastian: Sebuah Kunci Menuju Kesuksesan
"Sebuah Kunci Menuju Kesuksesan"

Kamu bisa merencanakan seluruh hidupmu secara strategis.

Kamu bisa membuat pilihan dengan berhati-hati dan ambillah apa yang menurut kamu adalah tindakan yang tepat untuk memenuhi kehidupan ideal yang kamu inginkan.

Tetapi di dunia ini tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi di masa depan nanti.

Hidup adalah risiko itu sendiri.

Ada terlalu banyak tikungan dan belokan tak terduga yang ikut bermain dalam kehidupan kita.

Tidak ada cara pasti untuk mengetahui bagaimana hidup kita akan berubah nantinya.

Ada banyak orang yang menyebut kalau kehidupan seperti sebuah permainan, dan seperti yang kita ketahui, apa pun bisa terjadi dalam permainan.

Beberapa waktu yang lalu saat artikel ini dibuat, saya menonton pertandingan sepak bola antara Indonesia melawan Malaysia di TV.

Ada banyak orang yang menyaksikan pertandingan itu (mungkin kamu juga salah satunya) semua orang berteriak dan bersorak agar tim yang mereka jagokan menang.

Itu adalah pertandingan yang sangat sengit.

Setiap kali ada tim yang mencetak gol atau melakukan permainan bagus, para suporter akan melompat kegirangan dari tempat duduk mereka dan bersorak mendukung tim mereka.

Hikmah yang bisa kita ambil dari pertandingan sepak bola itu adalah kalau kesenangan dan kegembiraan bisa datang dari antisipasi karena tidak mengetahui dengan pasti tim mana yang akan menang.

Lagi pula apa gunanya menonton sepak bola atau acara olahraga lainnya jika kamu tahu sebelumnya tim mana yang akan menang?

Itu sama dengan permainan kehidupan milikmu, milikku, dan milik semua orang di planet ini.

Namun, tidak seperti permainan lainnya, tujuan dalam permainan kehidupan bukanlah untuk menang atau menjadi yang terbaik, melainkan untuk mengikuti kata hati terlepas dari keadaan kamu untuk mempelajari pelajaran kehidupan di sepanjang jalan.

Ini adalah pelajaran terpenting dalam permainan kehidupan.

Apakah kamu memandang hidup sebagai pelajaran, permainan, atau sebuah ujian, itu tidak masalah.

Kunci utama menuju kehidupan yang bahagia dan sukses adalah merangkul ketidakpastian.

Petualangan ke tempat yang tidak diketahui adalah di mana kamu mengetahui jati diri kamu dan dari mana kamu berasal.

Di sinilah karakter kita diuji dan dibangun.

Ketika kamu mengambil lompatan keyakinan ke dalam ketidakpastian, kamu mengirim pesan kepada diri sendiri, serta alam semesta, kalau kamu tidak hanya berdiam diri saja menghadapi cobaan hidup, tetapi kamu juga siap untuk menghadapi tantangan apa pun di sepanjang jalan yang akan kamu lalui.

Kamu mungkin berada di puncak pada suatu hari dan tiba-tiba jatuh pada hari berikutnya, tetapi pikirkan lagi bukankah lebih baik gagal saat mencoba daripada tidak mencoba sama sekali?

Sepanjang sejarah umat manusia, ada beberapa pemimpin dunia yang tidak berhasil karena mereka yakin kalau mereka akan berhasil; mereka berhasil karena mereka tidak akan membiarkan keraguan dan ketakutan akan hal yang tidak diketahui membuat mereka tidak berhasil.

Dengan kata lain, mereka menerima ketidakpastian.

Itu benar, mereka memiliki keraguan seperti kamu dan saya. Beberapa harus menghadapi ketakutan mereka setiap langkah di sepanjang jalan menuju kesuksesan.

Tetapi satu hal yang sama-sama mereka miliki adalah pemahaman yang mendalam bahwa ketidakpastian adalah tempat yang luas dimana banyak kesempatan menanti mereka.

Kesalahan terbesar yang dapat kita buat ketika ketika melangkah maju untuk mencapai tujuan adalah bergantung pada kepastian.

Mengapa? Karena kesuksesan itu tidak pasti.

Selalu ada saja risiko atau masalah yang harus kita hadapi.

Orang-orang sukses di antara kita mengetahui hal ini dan mereka menjalani kehidupan mereka sesuai prinsip itu.

Mereka mengetahui ada kemungkinan mereka bisa jatuh dan kehilangan semuanya.

Mereka bersedia memainkan permainan kehidupan, sadar bahwa kekalahan adalah salah suatu kemungkinan yang bisa saja terjadi, tetapi mereka memilih untuk fokus pada hasil dari kerja keras mereka.

Banyak orang tahu kalau mereka akan mengalami kesulitan, tantangan, kehilangan dan tragedi, tetapi selama mereka mau belajar, mereka akan menang.

Singkatnya, mereka tahu bahwa tidak ada jaminan dalam kehidupan yang ada hanyalah pilihan. Hak untuk memilih jalan sendiri.

Dan pilihan itu terjadi setiap hari bahkan setiap detik yang kita lewati.

Posting Komentar

Copyright ©