Sulit Memanajemen Waktu? Inilah 10 Cara Mudah Untuk Mengatur Waktu Anda

Tags: cara memanajemen waktu yang baik dan benar, tips mengatur waktu sebaik baiknya, menafaatkan waktu luang

Saya tahu kalau kamu memiliki ratusan hal yang ingin kamu lakukan semasa hidupmu.

Kamu ingin membaca buku, belajar memasak, menonton serial drama, berolahraga, mengajak anjing jalan-jalan, membangun bisnis dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Tapi kamu tidak punya cukup waktu untuk melakukan semua ini.

Kita semua memiliki 24 jam sehari. Tak peduli siapa kamu, apakah kamu Bill Gates atau presiden suatu negara, kita semua memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari.

Beberapa orang memanfaatkan waktu mereka untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai, membangun bisnis yang mereka sukai, dan menjalani kehidupan yang mereka impikan.

Di sisi lain, ada juga orang-orang yang membiarkan tuntutan hidup mereka terus-menerus menekan mereka. Mereka membiarkan kehidupan mengendalikan mereka daripada mengendalikan waktu dan menjalani kehidupan yang mereka inginkan.

Kesuksesan sangat erat kaitannya dengan pengaturan atau manajemen waktu yang bijak, jika kamu sering merasa kalau waktu dalam satu hari tidak pernah cukup untuk menyelesaikan setiap pekerjaanmu.

Cara Mudah Untuk Mengatur Waktu


Berikut ini ImajiQuotes telah merangkum "10 Cara Mudah Untuk Mengatur Waktu Dengan Baik" Selamat membaca.

1. Kurangi waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang tidak perlu.

Tags: tips ampuh dalam mengatur waktu, waktu adalah uang, hidup butuh waktu dan uang

Jika kamu ingin memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, cara tercepat dan termudah untuk melakukannya adalah mengurangi waktu yang kamu habiskan untuk kegiatan yang tidak perlu.

Belajarlah untuk mencoret suatu kegiatan yang tidak perlu. Maksud saya di sini bukan mencoretnya karena kegiatan itu sudah selesai, tetapi mencoretnya seperti tidak melakukannya.

Ada begitu banyak hal yang kamu lakukan pada hari ini, dan pasti akan ada satu dua hal yang kamu tidak perlu lakukan.

Kamu bisa mengurangi waktu untuk kegiatan yang tidak produktif, kemudian menyalurkan waktu itu untuk kegiatan yang berguna dan produktif.

Pertama, selesaikan dulu kegiatan-kegiatan pokok kamu dan singkirkan kegiatan yang tidak penting atau tidak perlu kamu lakukan. Berikut ini saran saya tentang beberapa kegiatan yang bisa kamu kurangi:

Televisi:

Coba ingat-ingat, apa yang kamu rasakan setelah berlama-lama menonton TV? Apakah kamu merasa mendapat manfaat setelah menonton TV? Atau kamu merasa menonton TV itu hanya buang-buang waktu? Secara pribadi, saya merasa tidak enak; bersalah dengan diri sendiri karena menunda-nunda pekerjaan lain dan frustrasi dengan ketidakberdayaan akan godaan menonton TV. Bagaimana denganmu?

Media sosial:

Apakah kamu benar-benar perlu membuka sosmed agar selalu update? Jawabannya adalah tidak. Kecuali jika pekerjaanmu berhubungan dengan sosmed dan mengharuskan kamu untuk selalu membuka sosmed. Habiskan lebih sedikit waktu untuk di sosmed  dan investasikan waktumu di tempat lain.

Game:

Game menurut saya pribadi dimainkan hanya untuk bersenang-senang tidak peduli itu game console, PC atau seluler. Namun game juga bisa membuat kamu kecanduan bermain. Kamu boleh bermain game, tetapi pastikan kamu tidak menghabiskan waktu terlalu banyak untuk itu.

Mengurangi waktu pada kegiatan yang tidak perlu adalah salah satu metode paling efektif untuk menciptakan lebih banyak waktu dalam sehari.

2. Bangun lebih awal dan gunakan pagi hari dengan sebaik-baiknya.

Tags: bangun tidur, memulai pagi dengan penuh semangat dan kekuatan

Cara lain yang baik untuk mendapatkan lebih banyak waktu adalah bangun lebih awal dan menggunakan momen pagi hari dengan bijak.

Karenanya, jika kamu bisa bangun satu jam lebih awal, pikirkan berapa banyak hal yang bisa kamu capai dalam setahun. Kamu memiliki 15 hari ekstra dalam setahun jika bangun satu jam lebih awal setiap pagi.

Pagi hari sangat sempurna karena otakmu belum dipenuhi dengan beban pikiran. Plus, pikiranmu akan lebih segar karena baru saja bangun dari istirahat yang panjang. Baca Juga: 5 Kunci Memulai Pagi Dengan Penuh Semangat

Saya biasanya menghabiskan pagi saya untuk tugas-tugas ringan seperti menulis artikel blog ini contohnya. Saya suka menulis sambil menikmati secangkir kopi. Baca Juga: Kutipan Untuk Memulai Pagi Hari Yang Lebih Baik

Jadi, bisakah kamu bangun satu jam lebih awal? Jika bisa, apa yang akan kamu lakukan dengan jam tambahan itu?

3. Manfaatkan waktu jeda sebaik mungkin.

Tags: jam tangan apple, melihat dan meninjau waktu yang kita miliki

Waktu jeda adalah waktu yang paling jarang kita gunakan. Ini adalah waktu di antara tugas-tugas yang sedang kamu lakukan tetapi biasanya waktu jeda hanya berlangsung sebentar.

Misalnya, waktu pulang kerja, ketika mengantri, jeda iklan di program TV, istirahat kecil dan cepat di kantor, saat menunggu rapat atau seseorang, dll.

Berikut adalah beberapa cara bagaimana kamu dapat menghabiskan waktu jeda jadi lebih produktif:

  • Baca buku: Bawalah buku setiap saat dan kapan pun kamu bebas, bacalah.
  • Perencanaan: Gunakan waktu jeda untuk berpikir dan merencanakan harimu. Jadwalkan apa yang perlu kamu lakukan dan kemudian lakukan ketika saatnya tiba.
  • Mendengarkan Musik: Kamu juga bisa memanfaatkan waktu jeda untuk rileks sejenak mendengarkan lagu yang kamu suka.


Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan waktu jedamu. Kuncinya adalah memanfaatkannya dengan baik daripada membiarkannya mengalir tanpa sadar dan menyia-nyiakannya.

4. Buat daftar dan rencanakan harimu.

Tags: daftar tugas, membuat jadwal untuk menghemat waktu

Kamu tidak bisa menemukan lebih banyak waktu jika tidak merencanakannya.

Saya menemukan kalau saya bisa menjadi lebih produktif dan dapat menyelesaikan lebih banyak hal ketika saya menuliskan hal-hal yang perlu saya lakukan untuk hari itu.

Inilah sebabnya saya suka menulis daftar kegiatan untuk hari saya. Pertama, buatlah daftar tugas dari yang terpenting hingga yang tidak penting sehingga kamu dapat mengatasinya satu per satu.

Selanjutnya, ketika kamu tahu apa yang perlu dilakukan, kamu akan menjadi proaktif daripada reaktif.

Ketika kamu tidak tahu apa yang perlu dilakukan, kamu akan melakukan apa pun yang datang kepadamu.

5. Isi ulang energi tubuhmu.


Apakah kamu mengisi ulang daya tubuhmu sebanyak mengisi ulang baterai ponselmu? Tidak ada gunanya menemukan lebih banyak waktu ketika kamu tidak punya energi untuk melakukannya.

Kamu tahu, banyak orang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa manajemen waktu adalah tentang menghemat waktu, tetapi sebenarnya tidak. Ini lebih seperti tentang manajemen energi.

Pikirkan baik-baik, ketika kamu memiliki banyak energi, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien sambil menghasilkan hasil yang luar biasa.

Namun, ketika kamu tidak memiliki energi, kamu akan menyelesaikan pekerjaan lebih lama dari biasanya, dan menghasilkan hasil yang buruk.

Kamu harus memahami bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas. Kamu tidak ingin menghabiskan 8 jam sehari untuk menghasilkan 2 jam kerja. Kamu ingin menghabiskan 4 jam untuk menghasilkan 8 jam kerja.

Karenanya, gunakan energimu dengan bijak, tidur lebih banyak, berolahraga, istirahat  dan makan makanan sehat.

6. Terapkan fokus.


Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dan menyelesaikan sesuatu lebih cepat, jangan lakukan dua hal atau lebih secara bersamaan. Pilih untuk fokus.

Ingat, memiliki satu proyek yang sudah selesai sepenuhnya memiliki dampak lebih besar daripada memiliki 5 proyek yang belum selesai.

Kamu tidak ingin membagi dirimu dengan berfokus melakukan terlalu banyak hal sekaligus.

Otak kita bekerja seperti komputer. Menurutmu apa yang akan terjadi ketika kamu membuka terlalu banyak program sekaligus? Komputer kewalahan dan melambat.

Hal yang sama dapat terjadi pada otak kita. Ketika kamu mencoba mengerjakan terlalu banyak hal pada saat yang bersamaan, kamu akan merasa kewalahan dan memperlambat kerjamu.

7. Belajarlah untuk mengatakan "Tidak".


Apakah kamu adalah orang yang selalu mengatakan "ya" untuk setiap permintaan? Jika kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah punya banyak waktu untuk diri sendiri. Belajar mengatakan "tidak".

Jangan salah, mengatakan “tidak” tidak berarti kamu harus menolak secara membabi buta. Ketika seseorang datang kepadamu dan meminta bantuan, kamu dapat memilih untuk mengatakan "tidak" dengan mengarahkannya ke solusi lain yang bermanfaat atau seseorang yang bisa lebih baik membantunya.

Atau mungkin, kamu bisa mengatakan "tidak" dengan menunda atau menunda permintaan ke waktu lain yang lebih baik.

8. Singkirkan semua gangguan.


Jika kamu ingin memiliki lebih banyak waktu luang, jangan menjadi korban gangguan. Gangguan dapat mengambil waktu berhargamu.

Apakah kamu bekerja dengan telepon di dekatmu? Apa yang ada di sekitarmu akan mengalihkan perhatianmu? Ini bisa berupa kertas berserakan di lantai, pemberitahuan dari ponsel atau komputer yang muncul pada waktu yang tidak tepat.

Cobalah untuk menghilangkan sebanyak mungkin gangguan. Jika kamu ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan, kamu harus fokus.

  • Kunci dirimu di kamar.
  • Jauhkan ponsel atau matikan atau matikan.
  • Pasang headphone untuk menghindari kebisingan.
  • Putuskan sambungan dari internet saat kamu tidak menggunakannya.

Semakin sedikit gangguan yang kamu alami, semakin kamu dapat fokus.

Semakin kamu dapat fokus, semakin cepat dan semakin banyak pekerjaan berkualitas yang bisa kamu hasilkan.

9. Bekerja lebih cepat dengan efisiensi yang lebih tinggi.

Tags: mengatur waktu menjadi lebih baik, hidup yang produktif, bekerja, kantor

Ini adalah cara paling logis, untuk mencari lebih banyak waktu, kamu hanya perlu bekerja lebih cepat dan lebih efisien.

Oleh karena itu temukanlah cara bagaimana kamu bisa mendapatkan hasil yang serupa dalam jangka waktu yang lebih pendek. Ada banyak cara bagaimana kamu bisa melakukan ini.

  • Pertama, kamu dapat menggunakan timer untuk tugas utama yang harus dikerjakan. Alasannya adalah untuk memastikan kamu tidak menghabiskan waktu terlalu banyak untuk tugas itu.
  • Selanjutnya, berpura-puralah harimu berakhir lebih awal. Cara ini akan memaksamu untuk bekerja lebih cepat dan lebih kreatif dalam mengatur jadwal. Kamu akan membuang waktu lebih sedikit dan menyelesaikan tugas-tugas penting dengan cepat.

Karena itu, belajarlah untuk bekerja lebih cepat, dengan efisiensi yang lebih tinggi, namun, jangan pernah menurunkan kualitas kerjamu.

10. Jadwalkan waktu untuk merenungkan dan meninjau.

Tags: mengatur waktu menjadi lebih baik, hidup yang produktif, daftar, review

Jika kamu ingin memiliki lebih banyak waktu dan menjadi lebih produktif, kamu perlu menyelaraskan pekerjaan dengan suatu tujuan.

Kamu tidak ingin bekerja secara membabi buta pada pekerjaan yang tidak memberikan hasil yang kamu inginkan.

Setiap minggu, luangkan waktu untuk merenungkan apa yang sudah kamu lakukan selama seminggu ini dan tinjau apa yang telah kamu capai dalam minggu ini.

Ini seperti meluangkan waktu untuk merencanakan dan berpikir. Kamu dapat bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti dibawah ini:

  • Apa tujuan hidupmu?
  • Apa prioritas utama kamu?
  • Apakah yang ingin kamu lakukan?
  • Apakah kamu membuat kemajuan?
  • Apa yang sudah kamu pelajari?
  • Apa satu hal yang dapat kamu lakukan minggu depan untuk membuat kemajuan lebih besar?
  • Di mana kamu menghabiskan sebagian besar waktu?
  • Adakah hal-hal yang dapat kamu minimalkan atau hilangkan untuk memiliki lebih banyak waktu?

Ketika kamu memahami bagaimana caramu menghabiskan waktu, kamu bisa menggunakan ini sebagai umpan balik untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih produktif.

Jika ternyata kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game atau menunda-nunda, kamu dapat merumuskan solusi untuk masalah tersebut.

Kesimpulan


Menjadi lebih produktif dan menciptakan lebih banyak waktu yang bisa kamu manfaatkan.

Terkadang, kamu hanya perlu memfokuskan kembali dengan menarik napas dalam-dalam. Dan terkadang, kamu hanya perlu mendeklarasikan dan mengatur lingkungan kerjamu.

Itulah "10 Cara Sederhana Dalam Mengatur Waktu Anda" Terima kasih sudah membaca, semoga kamu yang membaca ini bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Posting Komentar

Copyright ©