Apa Itu Concept Art? Dan Concept Art Yang Sering Kita Temui?

Pada artikel ini, saya admin ImajiQuotes akan mencoba menjelaskan pada anda tentang apa itu Concept Art?

Disini saya juga akan menjelaskan seperti apa orang-orang yang bekerja di bidang ini, para seniman concept art kebanyakan bekerja di industri hiburan seperti video game, film, dan lainnya.

Saya juga akan menjelaskan berbagai jenis dari concept art yang sering kita temui.

Apa itu Concept art?


by: imajiblog
"Seni Konsep"

Concept Art adalah bentuk ilustrasi dimana tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan representasi visual dari desain, ide, dan mood untuk digunakan dalam industri film, video game, animasi atau bahkan buku komik sebelum dimasukkan ke dalam produk akhir.

Concept art biasanya berfokus pada desain karakter, lingkungan, benda-benda pendukung, senjata, dan banyak lagi aspek elemen dari suatu proyek hiburan visual.

Desain yang dibuat oleh seniman concept art tidak digunakan untuk menjadi produk akhir.

Sebaliknya, mereka adalah referensi visual yang digunakan oleh seniman lain (seperti model animasi 3d) untuk membuat aset akhir yang akan digunakan pada video game, film, dll.m

Siapakah Seniman Concept Art?


Tags: seni konsep, apa itu, pengetahuan, wawasan, seniman

Seniman concept art adalah individu yang kreatif dengan pandangan yang luas untuk komposisi dan desain visual.

Beberapa dari mereka bisa sangat terampil dalam menciptakan sebuah lingkungan dan skenario luar biasa, yang lain akan menjadi desainer karakter dan makhluk-makhluk nyata atau fantasi yang menakjubkan.

Studio dan perusahaan-perusahaan besar selalu mencari seorang seniman concept art yang terampil untuk memenuhi kebutuhan masing-masing proyek mereka.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan video game yang pendapatan gamenya berasal dari penjualan skin (kostum) karakter, seperti League of Legends misalnya, mereka akan terus mencari seniman concept art yang berbakat untuk membuat konsep kostum dalam game.

Kita dapat menyimpulkan bahwa pekerjaan seorang seniman concept art pada dasarnya adalah merancang atau mendesain suatu produk.

Biasanya seorang seniman concept art sering dianggap memiliki kebebasan artistik yang terbatas dari pada seniman konvensional lainnya, tetapi anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Pada kenyataannya mereka bisa dibilang lebih terstruktur daripada terbatas. Mengikuti proses yang terlihat lebih kaku, tetapi kreativitas masih memiliki banyak ruang untuk dimainkan.

Sekarang anda sudah tahu kan apa itu concept art dan siapa yang terlibat didalamnya. Tapi apa saja jenis concept art yang bisanya kita temukan di industri hiburan visual?

Jenis-Jenis Concept Art


Jadi sekarang kita sudah tahu sedikit lebih banyak tentang concept art, mari kita bahas lebih jauh tentang jenis-jenis seni concept art yang sering digunakan dalam video game, film dan komik:

Concept Art Lingkungan (Environment)

Tags: seni digital, visual, background, ppemandangan

Jenis concept art ini berfokus pada pembuatan latar belakang dan skenario di mana suatu adegan akan terjadi. Seorang seniman yang terampil dalam jenis karya seni ini harus memiliki penilaian yang bagus untuk komposisi, perspektif, dan desain arsitektur.

Para seniman akan bertugas menerjemahkan dan merefleksikan dalam desain akhir latar belakang dan suasana yang dibutuhkan dalam sebuah proyek.

Concept Art Karakter (Character)

Tags: desain, tokoh, sketsa, rancangan

Concept art jenis ini lebih berfokus pada penciptaan karakter dan makhluk hidup lainnya yang terlihat cocok untuk sebuah proyek.

Seorang seniman konsep yang terampil dalam seni konsep semacam ini bisa merancang kostum dan pelengkap keren.

Para seniman ini tahu betul tentang anatomi dan perspektif tubuh manusia dan hewan. Pengetahuan ini dapat digunakan untuk membuat tidak hanya tipe makhluk hidup yang realistis, tapi juga makhluk fantasi atau monster dan binatang yang menakutkan.

Pengetahuan yang mendalam tentang anatomi tubuh manusia dan hewan memungkinkan seniman untuk menciptakan makhluk yang terlihat meyakinkan yang bahkan tidak ada dalam kehidupan nyata.

Desain Senjata dan Barang Pendukung Lainnya

Tags: desain senjata, peralatan pendukung, senapan

Concept art ini berfokus pada penciptaan benda, alat, dan senjata yang digunakan oleh karakter dan makhluk yang akan mengisi dunia proyek yang akan kita kerjakan.

Sama seperti dalam penciptaan lingkungan, seniman concept art terkadang akan menggunakan perangkat lunak atau software 3D untuk membuat jenis aset ini.

Seorang seniman concept art yang terampil dalam jenis seni ini adalah mereka yang akrab dengan proses mendesain yang digunakan dalam desain industri visual.

Ini adalah jenis seni yang lebih dekat dengan apa yang kita pahami sebagai seorang desainer produk.

Desain Kendaraan

Tags: kendaraan, futuristik, pesawat

Seperti mendesain senjata dan benda pendukung lainnya, merancang kendaraan membutuhkan seseorang yang akrab dengan alat dan proses yang digunakan dalam apa yang secara tradisional kita kenal sebagai desain mobil atau pesawat terbang.

Namun, dalam industri hiburan, kita jauh dari desain konvensional yang dapat kita temukan di industri otomotif.

Seringkali, seorang seniman konsep yang bekerja di sebuah studio game atau film akan mendapati dirinya merancang pesawat ruang angkasa, mobil terbang atau kendaraan futuristik yang belum ada atau belum pernah terlihat sebelumnya dalam kehidupan nyata.

Imajinasi dan kreativitas harus dimiliki oleh seorang seniman concept art yang bekerja di industri hiburan.

Hari demi hari, para seniman concept art di seluruh dunia dituntut untuk mengeluarkan ide-ide dengan desain yang lebih keren dan inovatif.

Jadi, untuk mengimbangi tingkat kualitas dan kreativitas yang diterapkan industri kepada semua seniman yang terlibat di dalamnya, seniman konsep perlu mendorong batas-batas kreativitas mereka terus-menerus agar pekerjaan mereka menonjol sebagai inovatif dan unik.


Tertarik Menjadi Seniman Concept Art?


Jika anda adalah orang yang kreatif, dengan kecenderungan berbakat artistik, mungkin anda bisa mempertimbangkan karir sebagai seniman concept art di industri hiburan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif. Jika anda memiliki komentar atau pertanyaan mengenai topik ini, silakan tinggalkan di bagian kolom komentar di bawah ini.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

Copyright ©