5 Tips Membuat Artikel Review/Ulasan Yang Baik Di Blog

Tags: blogger, menulis, review, ulasan, tips, tutorial
"Membuat Blog Review"

Sebagian besar dari kita pasti pernah mencari dan membaca sebuah artikel terkait review suatu produk barang meskipun cuma sekali, artikel-artikel review ini memang sangat berguna bagi kita yang ingin mengetahui spesifikasi suatu produk sebelum membelinya.

Seperti judul di atas, di artikel ini saya selaku admin ImajiQuotes akan membagikan sedikit ilmu yang telah saya pelajar tentang cara membuat sebuah artikel review/ulasan suatu produk di blog.

Untuk memulainya sebaiknya Anda fokus pada satu nice produk saja untuk direview sebagai contoh para blogger fashion melakukan review pakaian, blogger resep mengulas peralatan dapur baru atau produk makanan.

Terlepas dari niche blog Anda, pasti ada produk atau layanan yang dapat Anda review.

Setiap orang punya pendapat masing-masing tentang suatu produk, itulah yang membuat menulis sebuah artikel review tidak mudah, Anda harus mampu mengulas sebuah produk dengan netral sambil menyertakan kelebihan dan kekurangan produk tersebut.

Jika anda membutuhkan informasi tentang spesifikasi produk anda tinggal mencarinya di internet, banyak sekali situs web yang menyediakan informasi tentang suatu produk sebut saja GSMArena yang menyediakan informasi tentang smartphone.

Sebelum Anda memulai membuat sebuah artikel review pastinya anda perlu suatu produk untuk direview kan? Lalu bagaimana cara mendapatkan produk untuk di review?

Cara termudah mendapatkan produk untuk direview adalah dengan membeli produk tersebut di toko, tapi tenang saja Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli produk untuk di review.

Review saja beberapa barang yang sudah Anda miliki dan buatlah review untuk mengembangkan kemampuan Anda.

Tips Membuat Artikel Review/Ulasan Yang Baik


Brikut ini "5 Tips Membuat Artikel Review/Ulasan Yang Baik Di Blog" untuk membantu Anda membuat review yang berkualitas:

Tags: 5w + 1h
"5W + 1H"

1) Bagaimana cara menulis review yang baik?


Ulasan produk yang bagus harus menjawab beberapa pertanyaan dasar untuk para pembaca, dimulai dengan 5W dan 1H (who, what, where, when, why, how) atau dalam bahasa Indonesia adalah (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
  • Siapa yang dapat menggunakan produk ini dan atau siapa yang bisa menikmati produk ini?
  • Apa produknya? Berikan deskripsi selengkap mungkin.
  • Dimana produk ini bisa dibeli? Anda mungkin tidak harus menjawab yang satu ini.
  • Kapan produk ini bisa dibeli? Sekali lagi, Anda mungkin tidak perlu menjawab yang satu ini, tetapi itu bisa berguna jika Anda meninjau produk yang belum dirilis secara resmi di pasaran.
  • Mengapa pembaca Anda ingin membeli produk ini?
  • Bagaimana cara kerja produk ini? atau mengapa pembaca harus membeli produk ini.

Selalu pastikan Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di kolom komentar blog anda dalam review produk apa pun yang Anda tulis.

Jangan tinggalkan pembaca dengan pertanyaan tentang produk yang anda review.

Selain menjawab pertanyaan pembaca tentang produk yang sedang Anda review, sebuah ulasan yang baik harus mencakup pendapat jujur Anda tentang apa yang Anda pikirkan tentang item tersebut.

Sebagai seorang blogger Anda adalah bos bagi diri Anda sendiri, Anda telah membuat platform untuk diri sendiri di mana Anda bisa menulis apa pun yang Anda inginkan.

Anda tidak memiliki bos, secara umum blogger tidak terikat pada siapa pun kecuali, mungkin, pembaca Anda.

Dengan demikian, Anda bertanggungjawab kepada para pembaca untuk menulis ulasan produk dengan sejujur-jujurnya.

Jangan ragu untuk mengatakan sesuatu yang negatif dan tidak Anda sukai mengenai produk ke dalam artikel review.

Kritik yang Anda lontarkan mungkin akan membantu merek menciptakan produk yang lebih baik.

Ingat: Hal-hal yang Anda anggap negatif mungkin sama persis seperti yang orang lain pikirkan.

Ulasan yang jujur adalah ulasan yang akan mengumpulkan lebih banyak kepercayaan antara Anda dan pembaca Anda.



Tag: menolong, membantu, pembaca
"Membantu Pembaca"

2) Buat review produk untuk membantu pembaca Anda. 


Banyak blogger di luar sana yang akan memberi tahu pada Anda bahwa untuk menjadi blogger yang sukses Anda harus fokus pada nice blog Anda.

Secara pribadi, saya pikir ini tidak benar. Alih-alih berfokus pada niche yang sempit, saya pikir Anda perlu menulis untuk audiens yang beragam.

Seperti yang sudah saya katakan berkali-kali, blogging adalah kerja keras. Banyak orang memulai blog dan kemudian berhenti begitu saja karena kesulitan membuat konten baru untuk blog mereka, terkadang membuat konten baru memang dapat menjadi hambatan nyata.

Salah satu cara termudah untuk mengatasi hambatan penulis adalah dengan selalu memastikan Anda menulis tentang topik yang Anda minati.

Anda dapat menyertakan link afiliasi di review produk Anda, yang berarti Anda dapat menghasilkan uang tambahan dari link afiliasi tersebut.

Tinjauan produk yang baik yang ditargetkan kepada audiens yang benar kemungkinan besar akan membuat sebagian orang membeli barang yang Anda rekomendasikan lewat link afiliasi yang anda berikan.



Tag: insert image, masukan gambar disini
"Masukkan Gambar Disini"

3) Sertakan gambar yang berkualitas. 


Jika Anda ingin menulis review produk yang bagus, Anda harus menyertakan gambar berkualitas yang sesuai dengan produk yang sedang anda review sehingga orang tahu apa yang Anda bicarakan.

Untuk beberapa artikel, seperti review pakaian, Anda bisa menggunakan foto Anda sendiri sambil mengenakan pakaian tersebut sehingga Anda dapat menunjukkan kepada pembaca bagaimana Anda melihat produk tersebut.



Tag: promotion, promosi
"Promosikan"

4) Hal berikutnya yang harus Anda lakukan setelah menulis artikel review adalah mempromosikannya. 


Promosikan, promosikan, promosikan! Setelah menulis review produk, Anda harus mempromosikan artikel Anda di beberapa media sosial seperti Twitter dan Facebook semuanya tidak boleh terlewatkan.

Baca juga: 4 Sosial Media Terbaik Untuk Promosi Artikel Terbaru Blog

Pastikan untuk menyertakan tag merek di postingan media sosial Anda dan gunakan tagar mereka bila memungkinkan.

Jika Anda beruntung, mereka mungkin akan me-retweet atau membagikan ulang posting Anda dengan pengikut mereka.



Tag: artikel review
"Review"

5) Artikel review bisa menambah jumlah visitor blog Anda Ketika dilakukan dengan benar, review dapat menjadi konten blog yang bagus. 


Secara teratur menulis ulasan berkualitas dapat membuat Anda menjadi sumber pengetahuan bagi pembaca Anda.

Mendapatkan kepercayaan dan jumlah visitor yang besar dari pembaca Anda akhirnya mengarah pada Anda menghasilkan lebih banyak uang dari review Anda melalui iklan adsense atau komisi afiliasi jika anda mengikuti program afiliasi.

Penutup


Itulah "5 Tips Membuat Artikel Review/Ulasan Yang Baik Di Blo5 Tips Membuat Artikel Review/Ulasan Yang Baik Di Blog" semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencoba untuk membuat artikel review atau mungkin blog khusus review.

Posting Komentar

Copyright ©