8 Fakta Menarik Menara Eiffel Yang Jarang Diketahui Orang

8 Fakta Menarik Menara Eiffel Yang Jarang di Ketahui Orang
Eiffel Tower

Menara baja yang menjulang tinggi ke cakrawala ini tidak diragukan lagi adalah salah satu simbol paling ikonik di Paris, Prancis.

Menara Eiffel telah menjadi sumber inspirasi yang tak terhitung jumlahnya dari para penulis, aktor, penyair dan masyarakat umum lainnya.

Monumen ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak di kunjungi di Dunia.

Berkunjung ke Paris tidak lengkap rasanya jika tidak mengambil foto selfi dengan latar menara ikonik yang satu ini.

Fakta Menarik Menara Eiffel Yang Jarang Diketahui


Berikut ini adalah "Fakta-Fakta Menarik Ikon Paris" yang jarang di ketahui orang:

1. Pameran Paris Exposition (1889)


Menara Eiffel pada awalnya dibangun untuk pameran Exposition Universelle 1889 (World's Fair) di kota Paris untuk perayaan 100 tahun penyerbuan Bastille.

Pada awalnya menara ini di kritik oleh seniman dan kelompok intelektual Prancis karena rancangannya yang tidak biasa, tapi kini menara ini telah menjadi ikon Prancis dan salah satu struktur paling terkenal didunia.

2. Dibangun Dengan Banyak Angka


Pembangunan menara Eiffel memakan waktu 2 tahun, 2 bulan dan 5 hari.

Menara ini memiliki berat 10.100 metrik ton dan tinggi 325 meter.

Menara ini dirakit dari 18.000 bagian yang disatukan oleh 2,5 juta paku keling. Ada sekitar 20.000 bola lampu yang menerangi menara ini di malam hari.

3. Perawatan


Agar menara Eiffel tidak berkarat, menara ini dicat ulang setiap 7 tahun sekali dengan 60 ton cat. Dibutuhkan sekitar 18 bulan untuk mengecat ulang seluruh menara.

Menara dicat gelap di bagian atas dan menjadi sedikit lebih terang di bagian bawahnnya.

4. Perang Dunia 2


Ketika Hitler mengunjungi Paris selama perang, Prancis sengaja memotong kabel lift di menara Eiffel sehingga Hitler harus menaiki tangga jika ingin mencapai atas menara.

5. Menuai Banyak Kritik


Selama awal pembangunannya, menara ini menuai banyak kritik. Beberapa kelompok menganggap bangunan ini merusak pemandangan.

6. Replika


Ada lebih dari 30 replika menara Eiffel di seluruh Dunia, termasuk satu di Las Vegas dan satu di taman hiburan Shenzhe, Cina.

7. Nama Yang Terukir di Menara


Ada nama Gustave Eiffel yang terukir pada menara bersama tuju puluh dua nama ilmuwan, insinyur dan ahli matematika Prancis yang berkontribusi dalam pembangunan menara.

8. Ketinggian


Ketinggian menara Eiffel adalah 325 meter (1.063 ft), sebanding dengan tinggi gedung konvensional dengan 81 lantai.

Menara ini menjadi struktur buatan manusia tertinggi di Dunia selama 41 tahun, dihitung ketika menara ini selesai dibangun pada tahun 1889 hingga tahun 1930 ketika bangunan Chrysler di New York selesai.

Penutup


Itulah "8 Fakta Menarik Menara Eiffel Yang Jarang di Ketahui Orang" semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat ImajiQuotes tentang menara Eiffel.

Posting Komentar

Copyright ©