15 Cara Sederhana Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Tips Sederhana Menerapkan Gaya Hidup Sehat Yang Mudah Dilakukan
5 Kunci Gaya Hidup Sehat

Memiliki tubuh sehat adalah keinginan setiap orang, tapi karena berbagai alasan banyak orang tidak menerapkan gaya hidup sehat, entah itu karena sibuk atau karena kemalasan.

Sebenarnya  untuk menerapkan gaya hidup sehat tidak butuh banyak biaya, kamu cukup melakukan hal-hal sederhana seperti yang akan admin bahas di artikel ini.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Berikut paparan Cara Sederhana Menerapkan Gaya Hidup Sehat yang telah ImajiQuotes rangkum untuk kamu.

1. Mengunyah makanan sebanyak 30 kali.

Mengunyah makanan lebih lama mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Ketika kamu makan luangkan waktu lebih lama untuk mengunyah makanan, setidaknya kunyahlah sebanyak 30 kali.

Hal ini penting untuk proses pencernaan dan penyerapan gizi yang lebih baik, tapi jika makanan tidak dicerna dengan baik, energi yang didapat menjadi kurang bahkan bisa mengalami kekurangan gizi.

Mengunyah makanan terburu-buru biasanya akan mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

2. Jangan makan setelah jam 7 malam.

Makan setelah jam 7 malam mampu menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh kita, seperti meningkatkan berat badan (ketika malam kita tidak melakukan banyak aktivitas, maka kalori pun tidak sempat terbakar).

Menimbulkan masalah pencernaan (tidur setelah makan bisa menyebabkan kembung, tidak nyaman dan perut terasa penuh saat bangun, kesehatan pencernaan pun akan terganggu).

Makan larut malam juga bisa mengganggu waktu tidur sebab sistem pencernaan akan bekerja keras dalam mencerna makanan.

Idealnya, kamu disarankan untuk makan malam sebelum jam 7 atau 2 jam sebelum tidur.

3. Memasak makanan sendiri.

Ketika kamu memasak makanan sendiri, makanan buatanmu tentu lebih higienis, kebersihan terjamin, dan lebih sehat daripada makanan yang dijual di pinggir jalan.

Membuat makanan sendiri juga bisa meningkatkan keterampilan, pengetahuan tentang memasak, dan menghemat uang makan kamu.

4. Memperbaiki postur tubuh.

Memiliki postur tubuh ideal merupakan salah satu hal penting dalam gaya hidup sehat. Bahkan banyak orang tidak menyadari kalau berdiri tegak bisa memberi dampak positif pada kehidupan seseorang seperti mendapat energi lebih banyak (postur tubuh tegak memungkinkan diafragma bekerja lebih efisien sehingga menghasilkan energi lebih banyak pada tubuh).

Membakar kalori lebih banyak (orang dengan postur tubuh bagus dapat membakar kalori lebih banyak daripada orang yang berpostur buruk). Tidak sering merasakan sakit kepala (postur tubuh yang kurang baik dapat memicu sakit kepala).

5. Tertawa dan tersenyum.

Tertawa atau tersenyum telah terbukti secara ilmiah untuk membantu mengurangi stress, membuat kita merasa lebih baik, meningkatkan kekebalan tubuh, dan aliran darah serta bisa membantu membakar kalori. Baca juga: Kata-kata mutiara tentang tawan dan kebahagiaan.

6. Tidur sehari 8 jam.

Tidur adalah obat paling mujarab untuk menyehatkan tubuh. Kualitas tidur yang buruk ternyata bisa mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Oleh karena itu manusia paling tidak harus tidur selama 8 jam dalam sehari.

Tidur selama 8 jam juga memiliki banyak manfaat seperti menyembuhkan kerusakan yang terjadi pada sel dan jaringan tubuh, menjaga berat badan, menurunkan resiko diabetes, menyehatkan kulit, membuat tubuh lebih produktif, mencegah dari serangan flu, terhindar dari kanker jenis tertentu, dan menurunkan resiko penyakit jantung.

7. Meregangkan tubuh.

Melakukan peregangan tubuh saat bangun tidur merupakan cara sempurna untuk memulai hari. Peregangan bertujuan untuk mengendurkan otot, meningkatkan aliran darah dan membuat anda rileks.

8. Hindari garam.

Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darahmu. Hindarilah menambahkan garam ke dalam makananmu, perhatikan juga tingkat sodium (garam) yang masuk lewat makanan yang kamu konsumsi.

Makanan yang banyak terdapat mengandung sodium kadar sodium tinggi misalnya ayam goreng, burger, pizza, dan segala jenis snack.

9. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula.

Terlalu banyak gula dapat menyebabkan disfungsi metabolik tubuh. Banyak makanan olahan mengandung gula sebagai bahan utamanya.

10. Minum air putih tiap hari.

Tubuh kita terdiri dari 60% air, sehingga rajin mengkonsumsi air putih adalah kunci agar organ tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Air minum juga baik untuk kulit karena tetap membuatmu terhidrasi (tidak kekurangan cairan tubuh), tidak seperti teh, kopi, dan alkohol yang menyebabkan dehidrasi. Kita dianjurkan meminum 2 liter air atau 8 gelas sehari.

11. Berhenti menimbang berat badanmu.

Otot lebih berat dari lemak oleh karena itu berat badan tidak selalu merupakan indikasi kesehatan yang baik. Jadi turunlah dari timbangan itu dan mulai melangkah maju (berolahraga).

12. Hindari lemak jenuh.

Lemak itu baik untuk kamu dan penting untuk fungsi tubuh. Namun jika lemak itu lemak jenuh (lemak yang ditemukan pada produk hewani seperti daging dan susu), bisa menyebabkan meningkatnya kolesterol pada darah.

Untuk menghindari lemak jenuh kamu bisa menemukan lemak baik yang menjaga kadar kolesterol pada minyak nabati seperti zaitun dan biji bunga matahari serta makanan alami seperti alpukat, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

13. Minum teh herbal, bukan kopi.

Meski kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi meminum kopi tiap hari juga buruk bagi kesehatan tubuh kita seperti dapat meningkatkan resiko terkena stroke, wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein.

Kamu bisa mengganti kebiasaan meminum kopi dengan teh herbal, teh herbal telah digunakan selama ribuan tahun yang lalu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

14. Hindari memakan makanan olahan.

Makanan olahan adalah makanan yang telah melalui banyak proses tertentu seperti pengeringan, pengalengan, pembekuan, pengemasan, dan sebagainya.

Makanan yang diolah dan melalui proses panjang sebenarnya tidak merugikan, tapi juga bisa merugikan kesehatan jika dimakan terlalu sering.

Mengapa makanan olahan bisa merugikan? Makanan olahan biasanya mengandung gula tinggi, mengandung garam tinggi, mengandung lemak tinggi, banyak yang rendah gizi, dan mengandung bahan buatan.

15. Mandi dengan air dingin.

Mandi dengan air dingin bisa meningkatkan kewaspadaan, menghaluskan rambut dan kulit, serta dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat membantu mengurangi depresi.

"Kesehatan adalah kata yang besar, soalnya ini mencangkup tidak hanya tubuh, tetapi juga pikiran dan jiwa. Bukan sekedar tidak sakit atau kesenangan saja, tetapi seluruh keberadaan dan pandangan manusia."
- Jame H. West -

Posting Komentar

Copyright ©