5 Tips Agar Kita Tidak Menyesali Keputusan Yang Sudah Diambil

Supaya Tidak Menyesali Keputusan Yang Sudah di Buat

Apa kamu kesulitan mengambil sebuah keputusan?

Apakah kamu khawatir kalau pilihanmu tidak buruk dan kemudian menyesalinya?

Atau apakah kamu kurang percaya diri untuk membuat keputusan yang cepat dan tepat?

Sepanjang hidup kita telah mengambil banyak sekali keputusan, mulai dari yang paling sepele sampai yang paling krusial.

Meskipun dalam kehidupan kita sudah banyak mengambil keputusan penting, tetapi masih banyak orang yang khawatir tentang kemampuan mereka dalam mengambil keputusan.

Setiap orang memiliki kemampuan dalam membuat keputusan.

Kamu mungkin ragu-ragu dalam memutuskan, atau mungkin tidak menyukai keputusanmu sendiri. Namun, keputusan semua orang didasarkan pada sesuatu. Yaitu pada keyakinan mereka.

Menyesali keputusan yang telah kamu buat hanya akan membuang-buang waktu, apa lagi bila menyesalinya seumur hidup.

Tips Agar Kita Tidak Menyesali Keputusan Yang Sudah Diambil


Berikut ini adalah saran dari ImajiQuotes supaya kamu tidak menyesali keputusan yang telah kamu ambil.

Jadi, apa yang akan saya lakukan dalam mengambil keputusan? Saya akan…

1. Tidur.


Jika saya kelelahan, saya tidak akan memaksa otak untuk membuat keputusan yang yang butuh banyak pemikiran (kecuali dalam keadaan darurat), ketika kamu kelelahan jangan paksakan otakmu untuk membuat keputusan, karena bisa jadi kamu akan menyesali keputusan yang baru kamu ambil itu.

2. Luangkan waktu.


Jika seseorang mendesak saya untuk memutuskan sesuatu sekarang, saya akan mengatakan, “Jika saya harus memutuskan sekarang, jawabannya adalah tidak".

Jangan membuat keputusan sebelum kamu meninjau terlebih dahulu fakta-fakta dan dampak dari keputusan yang akan kamu ambil. Luangkan sedikit waktu untuk membuat sebuah keputusan yang bijak.

3. Timbang pro dan kontra.


Saya selalu memikirkan manfaat dan kerugian yang akan terjadi setelah saya mengambil suatu keputusan, dengan asumsi bahwa semuanya berjalan sesuai dengan keinginan.

Lalu saya bertanya pada diri sendiri, "Apa yang terjadi jika keputusan saya tidak berkembang dan terwujud seperti yang saya harapkan?",  "Apa manfaatnya bagi saya?", "Apa kerugiannya bagi saya?".

4. Minta saran pada orang lain.


Untuk keputusan-keputusan penting terkait terkait masa depan kita, mintalah saran pada orang-orang yang berpengalaman dalam bidangnya.

Saran dari orang-orang sukses dalam hidup maupun profesi mereka bisa membantu kamu dalam mengambil sebuah keputusan penting.

Mintalah saran dari mereka yang memiliki banyak pengetahuan, pengalaman dan kebijaksanaan, yang semuanya adalah hal-hal penting dalam proses pengambilan keputusan.

Saya meminta saran mereka dan melakukan apa yang mereka sarankan kepada saya.

5. Merenungkan.


Saya selalu merenungkan setiap keputusan yang sudah saya ambil. Saya bertanya, Bagaimana keputusan ini bisa memengaruhi semua bidang dalam kehidupan pribadi, keluarga, karier, keuangan, fisik, mental, dan spiritual saya?

Pikirkanlah keputusan-keputusan yang pernah kamu ambil dalam hidupmu ini dengan mendalam, curahkan perhatian penuh padanya, pikirkanlah "Apa pelajari yang bisa diambil dari setiap keputusan yang telah kamu pilih?".

Posting Komentar

Copyright ©