7 Tips Sederhana Untuk Mencapai Pola Pikir Positif

Tags: pelajaran hidup, melatih pola pikir, otak, kehidupan, saran, tips, relaksasi, berfikir, positif, motivasi

Dampak baik dari berpikir positif telah dibuktikan oleh banyak studi ilmiah.

Pola pikir positif dapat memberi kamu lebih banyak rasa percaya diri, meningkatkan suasana hati, dan bahkan mengurangi kemungkinan terkena kondisi seperti hipertensi, depresi, dan gangguan terkait stres lainnya.

"Jika anda berpikir positif, anda menarik hal positif masuk ke hidup anda. Begitu juga sebaliknya."
- Denny Santoso

Kebiasaan kamu dalam bersikap dan berpikir positif tanpa disadari dapat memberikan energi untuk mengerjakan semua kegiatan secara terfokus.

Tetapi semua ini masih merupakan konsep umum yang ambigu. Jika kamu ingin menjadi efektif dalam berpikir dan menjadi lebih positif.

Tips Sederhana Untuk Mencapai Pola Pikir Positif


Berikut ini "7 Tips Sederhana Untuk Mencapai Pola Pikir Positif" selamat membaca dan jadilah manusia yang selalu berfikir positif.

Baca Juga: "Quotes: 15 Kutipan Tentang Kekuatan Berpikir Positif"

1. Memulai Hari Dengan Sugesti Positif.

Tags: hidup, pegunungan, keindahan, sugesti, bahagia, pagi hari

Bagaimana cara kamu memulai pagi? Caramu memulai pagi mencerminkan seperti apa dirimu di sepanjang hari ini.

Pernahkah kamu telat bangun, panik, dan kemudian merasa seperti tidak ada hal baik yang akan terjadi sepanjang hari ini?

Mungkin ini karena kamu memulai hari dengan hal-hal negatif dan pandangan pesimis yang kamu bawa ke setiap peristiwa lain yang kamu alami pada hari itu.

Alih-alih membiarkan pikiran negatif mendominasi harimu, awali hari dengan sugesti positif, cobalah isi pikiranmu dengan kata-kata seperti mengatakan, "Hari ini akan menjadi hari yang luar biasa" atau "Aku sangat bersemangat pada hari yang indah ini", dengan mempercayai bahwa setiap sugesti yang kamu katakan itu benar, hal itu dapat membantu memberi kamu pandangan hidup yang lebih positif.

Untuk tips memulai hari dengan penuh semangat kamu bisa membaca artikel ini "5 Kunci Untuk Memulai Pagi Dengan Penuh Semangat".

2. Fokus Pada Hal-Hal Baik, Betapapun Kecilnya Itu.

Tags: jempol, fokus, terfokus, sukses, kebaikan

Berhenti menyalakan keadaan, fokuslah pada hal-hal baik tidak peduli seberapa kecilnya itu karena tidak ada hari yang sempurna.

Begitu kamu fokus pada yang baik maka kamu akan menemukan hal-hal baik lainnya dalam didumu. Semakin kamu bersyukur semakin kamu bisa menemukan kebahagiaan.

3. Temukan Kebahagiaan Dalam Hidup.

Tags: bahagia, kebahagiaan, kegembiraan, senja, kenikmatan hidup

Carilah dalam dirimu sendiri apa yang menjadi sumber kebahagiaan.

Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki sekarang, contohnya bila kamu bahagia tinggal diantara tetangga yang punya rumah besar, mobil mewah dan hidup bahagia, maka itu artinya kamu sudah melakukan yang terbaik untuk kehidupan dan kebahagiaan diri sendiri.

Tidak perlu menjadi seperti mereka untuk membuatmu bahagia.

Bila kamu merasa bahagia tinggal di tengah alam pedesaan, di pinggir sungai, di tepi pantai, jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota besar, itupun kebahagiaan yang sesungguhnya telah kamu temukan.

4. Ubah Kegagalan Menjadi Pelajaran.

Tags: sukses, keberhasilan, kegagalan, gagal, berhasil, keberhasilan, bahagia

Kegagalan adalah bagian dari kehidupan Kamu tidaklah sempurna, kamu akan membuat kesalahan dan mengalami kegagalan dalam berbagai konteks, di banyak pekerjaan dan dengan banyak orang.

Kegagalan bisa menjadi pemicu untuk kamu semakin sukses atau sebaliknya menjadikan kamu terpuruk selamanya.

Baca Juga: "Quotes: 13 Kutipan Tentang Sesuatu Yang Bisa Kamu Pelajari Dari Kegagalan"

Jangan biarkan diri kamu terpuruk oleh gagal, jika kamu bersedia menjadikan kegagalan sebagai sarana untuk belajar dan melangkah maju, kamu akan semakin berpengalaman dan kompeten di bidang yang kamu gagal tersebut, lalu pada jangka panjangnya akan mengantar kamu menuju kesuksesan.

5. Fokus Pada Masa Kini.

Tags: fokus, meditasi, masa kini, sekarang, hidup tenang dan bahagia

Saya sedang berbicara tentang masa kini bukan hari ini, bukan jam ini, hanya saat yang tepat ini. Ada orang yang hidupnya di masa kini namun pikirannya berada di masa lalu.

Ada pula orang yang hidupnya di masa kini namun pikirannya sudah berada jauh hingga ke masa depan.

Dan ada juga orang yang hidup dan pikirannya berada pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan.

Walau masa lalu kamu dulu sangatlah indah, namun itu semua sudah berlalu dan tidak bisa diulang kembali.

Kamu boleh mengingatnya namun tidak bisa memikirkan itu selamanya. Banyak orang sulit mengalami kemajuan karena hidupnya terjebak pada bayang-bayang masa lalu.

Baca Juga: "Quotes: 11 Kutipan Yang Bisa Memperkuat Mental Kamu"

Ada juga orang terlalu mencemaskan masa depannya. Padahal kita tahu bahwa masa depan adalah masa yang belum tentu terjadi.

Terlalu fokus pada masa yang belum kita alami hanya akan menjebak diri pada angan-angan semata, sehingga bisa membuat kita menjadi tidak realistis.

Maka dari itu masa kini sangat menentukan masa depan kita. Oleh karenanya, buatlah setiap detiknya berharga.

Jangan biarkan hidup berlalu begitu saja. Jika kita ingin memiliki masa depan yang baik, maka kita perlu menjalani masa kini dengan sebenar-benarnya.

6. Temukan Teman, Mentor, dan Rekan Kerja Yang Positif.

Tags: teman, rekan, sahabat, bersama, kantor, pekerjaan, menemukan, kawan, sobat

Saat kamu dikelilingi oleh orang-orang positif, secara otomatis kamu akan lebih banyak mendengar pandangan positif, kisah-kisah positif, dan nasehat yang positif.

Kata-kata positif mereka akan meresap dan memengaruhi cara berpikir kamu. Menemukan orang-orang positif untuk mengisi hidupmu mungkin sulit, tetapi kamu perlu menghilangkan hal-hal negatif dalam hidup sebelum itu menhancurkan kamu.

Lakukan apa yang kamu bisa untuk meningkatkan kepositifan orang lain, dan biarkan kepositifan mereka memengaruhimu dengan cara yang sama.

Penutup


Hampir semua orang dalam situasi apa pun bisa menerapkan pelajaran ini dalam kehidupan mereka sendiri dan meningkatkan pola pikir serta sikap positif mereka.

Itulah "7 Tips Sederhana Untuk Mencapai Pola Pikir Yang Positif", semakin sering kamu mempraktekkan tips-tips di atas, semakin besar manfaat yang akan kamu sadari.

Posting Komentar

Copyright ©