Pengalaman Menggunakan Netbook Selama 9 Tahun (Tanpa di Service)

Menggunakan Notebook/Laptop dan Netbook selama 9 tahun lebih

Berapa tahun sih Netbook bisa bertahan? Sama seperti perangkat elektronik lainnya, sebuah Netbook juga punya batas umur.

Ketika usia sebuah perangkat elektronik sudah terlampau tua, maka perangkat elektronik itu akan mulai bermasalah, bahkan sampai tidak bisa digunakan lagi.

Nah, pada artikel kali ini saya selaku admin ImajiQuotes akan membagikan pengalaman admin menggunakan Netebook Acer Aspire One 722 selama hampir 9 tahun. Iya benar, 9 tahun, umur yang terlampau tua untuk sebuah perangkat elektronik sejenis Laptop.

Berbeda dengan Notebook atau Laptop, Netbook merupakan perangkat komputer portable dengan spesifikasi komputer kelas bawah yang lebih kecil, ringan dan murah jika dibandingkan dengan Notebook/Laptop.

Karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, Netbook biasanya hanya digunakan untuk keperluan mengetik dan multimedia secukupnya saja.

Meskipun ukurannya kecil dan murah jangan meremehkan daya tahan Netbook! Admin sendiri sudah memakai perangkat ini dari tahun 2011 lalu sampai pada artikel ini dibuat (sekitar 9 tahun).

Netbook pemberian orang tua yang admin gunakan ini sudah menemani admin dari jaman admin masih SD sampai masuk kuliah, jadi sudah banyak sekali kenangan-kenangan yang admin buat bersama dengan Netbook ini.

Kamu pasti memiliki banyak pertanyaan kan tentang bagai kondisi Notebook admin ini setelah berumur 9 tahun.

Apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak? Bagaimana kondisi Netboook admin setelah 9 tahun pemakaian? Tenang saja semua pertanyaan itu akan admin jawab dengan senyum.

Sebelum admin memaparkan pengalaman admin menggunakan Netbook selama 9 tahun, yuk intip dulu spesifikasi Netbook Acer Aspire One 722 yang admin gunakan:

Spesifikasi Netbook


Spesifikasi Acer Aspire One 722:
Processor AMD Dual-Core C60, 1GHz
Harddisk 320GB
RAM DDR3 2GB
VGA ATI Radeon HD 6250
Input/Output Web Camera, VGA & HDMI port, 3x Usb 2.0 SD Card Reader dan Audio jack
Ukuran layar 11.6 inchi
Daya baterai 44400mAH 11.1V
OS Windows 7
Harga Rp. 2.500.000 - Rp. 2.750.000 (harga tahun 2011)

Dengan spesifikasi seperti diatas Netbook admin ini mampu menjalankan sebagian software office dan multimedia dengan cukup lancar, untuk aktivitas gamingnya sendiri Netbook ini mampu menjalankan game-game berat keluaran tahun 2005 seperti; GTA: San Andreas, Bully, Battlefield 2, Counter Strike, Leaf 4 Dead, dll. dengan cukup baik.

Karena admin suka nge-game, selama bertahun-tahun penggunaannya, Netbook ini admin siksa secara brutal bahkan admin pernah mencoba untuk mengoverclock processor-nya sampai kepanasan.

Pengalaman Menggunakan Netbook Selama 9 Tahun


Apa yang terjadi jika Netbook ini mencapai suhu yang sangat ekstrim?


Jika suhu processor terlalu panas maka Netbook melakukan 'Shut Down' secara paksa untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sekedar saran dari pengalaman admin untuk kamu yang ingin meningkatkan kinerja processor jangan pernah mencoba-coba overclock pada Netbook, overclock sendiri adalah proses menaikkan kecepatan clock dan voltase CPU untuk meningkatkan kinerjanya.

Bukannya bertambah cepat, melakukan overclock pada Netbook hanya akan merusak CPU dan mengurangi umur Netbook, karena processor Netbook tidak dirancang untuk melakukan overclock.

Setelah admin melakukan overclock ketika Netbook ini berumur sekitar 3 tahun, penurunan performa pun mulai terasa, mulai dari booting yang semakin lama, kesulitan dalam membuka software hingga penurunan performa saat bermain game.

Ketika berumur 5 tahun Netbook admin ini pernah mati suri tapi masih bisa admin perbaiki, ternyata setelah saya selidiki penyebab Netbook saya mati adalah bagian RAM-nya yang sudah mulai menua.

Mau tidak mau cara memperbaikinya adalah dengan mengganti RAM yang waktu itu harganya sekitar Rp.500.000 (RAM DDR3 4GB).

Memasuki usianya yang ke-6 tahun Netbook admin tak sengaja terinjak dan mengakibantkan layarnya pecah/retak tapi tetap masih bisa digunakan.

Apa yang admin lakukan ketika layar Netbook retak?


Karena waktu itu admin lagi gak punya duit dan ketika admin cek harga layar Acer Aspire One 722  itu cukup mahal (Rp.700.000-Rp.1.000.000) terpaksa deh admin biarkan saja  layarnya retak toh juga tidak terlalu mengganggu.

Setelah satu tahun layar Netbook admin terinjak, tepatnya saat Netbook memasuki usia yang ke-7 tahun. Retakan kecil akibat terinjak satu tahun yang lalu semakin membesar hingga menutupi setengah bagian layar.

Apa yang admin perbuat setelah kerusakannya bertambah parah?


Yah.. admin masih membiarkan layarnya retak, bukanya tidak mau memperbaikinya tapi karena admin masih tidak punya uang buat memperbaikinya.

Tapi masalah layar ini bisa admin atasi dengan menghubungkan Netbook dengan TV di rumah menggunakan kabel HDMI.

Hari demi hari pun berlalu begitu saja, tak terasa sudah 8 tahun lebih admin menggunakan Netbook pemberian orang tua admin ini. Penurunan performa Netbook semakin terasa parah.

Baterai yang dulu bisa bertahan sampai 6 jam kini cuma bisa bertahan maksimal sampai 1 jam (penggunaan biasa), sekarang membuka software membutuhkan waktu yang lebih lama dan kadang suka nge-lag, sampai game-game yang ada didalam Netbook sudah admin hapus semua karena tidak bisa lagi dimainkan dengan nyaman.

Sekarang admin hanya bisa sabar selama menggunakan Netbook ini. Kenapa admin tidak men-service Netbook admin atau beli Netbook yang baru? Jawabannya masih tetap sama dengan dua pertanyaan sebelumnya, admin masih tidak punya uang (meski sudah kuliah dan kerja) hehehe...

Dibawah ini adalah foto-foto kondisi Netbook Acer Aspire One 722 setelah admin ImajiQuotes pakai selama 9 tahun lebih, tanpa di service atau tanpa di perbaiki kerusakannya.

-----

Gambar 1 | Netbook Acer Aspire One 722
"Netbook Acer Aspire One 722 (Umur 9 Tahun)"

Gambar 2 | Layar Netbook Acer Aspire One 722 Setelah 9 Tahun
"Bagian Layar (Retak/Pecah)"

Gambar 3| Keyboard Netbook Acer Aspire One 722 Setelah 9 Tahun
"Bagian Keyboard (Banyak Debu dan Kotor)"

Gambar 4 | Bagian Bawah Netbook Acer Aspire One 722 Setelah 9 Tahun
"Bagian Bawah (Di Bagian Bawah Kanan Mengalami Kerusakan)"

Gambar 5 | Netbook Acer Aspire One 722 Disambungkan ke TV Menggunakan HDMI
"Netbook (bawah) di Hubungkan ke TV (atas) Menggunakan Kabel HDMI"

Penutup


Itulah pengalaman pribadi admin ImajiQuotes setelah menggunakan Netbook selama 9 tahun tanpa di service.

Jika kamu ingin berbagi pengalaman pribadi kamu menggunakan Netbook atau kamu punya pertanyaan untuk admin, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah atau di halaman Contact Admin, jangan malu untuk bertanya dan berbagi.

Posting Komentar

Copyright ©