5 Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen

Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen
Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen

Kepunahan sebuah spesies bukanlah suatu hal baru di planet ini, penyebab kepunahan itu sendiri bermacam-macam.

Tercatat dalam sejarah Bumi banyak spesies punah karena bencana alam, perburuan, eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan dan lain-lain.

Banyak spesies yang terlebih dahulu punah sebelum sempat dicatat dan dipelajari secara ilmiah. Bahkan sekitar 99% dari 5 miliar spesies di Bumi diperkirakan telah punah.

Dan pada kesempatan kali ini ImajiQuotes telah merangkum spesies mamalia darat berukuran besar yang telah punah selama masa Pleistosen.

Pleistosen merupakan suatu masa yang berlangsung antara 2.588.000 hingga 11.500 tahun yang lalu.

Pada masa itu Bumi mengalami zaman es dan kepunahan beberapa spesies hewan-hewan besar.

Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen


Berikut ini adalah "Daftar 5 Mamalia Berukuran Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen". Selamat menambah wawasan!

1. Mammoth

5 Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen
Mammoth

Mammoth adalah spesies sejenis gajah purba yang hidup pada masa Pleistosen sejak 1,6 juta tahun sampai sekitar 10.000 tahun lalu.

Ukuran Mammoth kurang lebih sama dengan Gajah India. Gading Mammoth berbeda dengan Gajah, bentuknya melengkung membentuk spiral dengan ujung saling berhadapan, diduga gading ini digunakan untuk memisahkan salju atau es dari tumbuhan yang akan dimakannya.

Mammoth diperkirakan punah pada akhir jaman es.

2. Megatherium

5 Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen
Megatherium

Megatherium adalah binatang seukuran gajah yang hidup pada 1550 SM di dataran Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Binatang ini sering disebut Si Pemalas Darat/Kukang Tanah (Ground Sloth) sebutan itu digunakan karena binatang ini memiliki kemiripan dengan Kukang Pohon (Tree Sloth), fosil pertama yang ditemukan dari binatang ini berukuran sangat besar.

3. Cave Bear (Beruang Gua)

5 Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen
Cave Bear (Beruang Gua)

Beruang Gua (Ursus Spelaeus) adalah spesies beruang yang Hidup pada masa Pleistosen (Jaman Batu) sekitar 27.500 tahun yang lalu di Eropa

Fosilnya pernah ditemukan di Inggris, Belgia, Jerman, Rusia, Spanyol, Italia dan Yunani. Tampaknya sebagian Beruang Gua punah selama musim dingin glasial yang parah.

Kepunahan Beruang Gua tampaknya terjadi secara bertahap antara 27.000 sampai 28.000 tahun yang lalu.

4. Irish Elk (Rusa Besar Irlandia)

5 Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen
Irish Elk (Rusa Besar Irlandia)

Irish Elk Irlandia (Megaloceros Giganteus) atau sering disebut sebagai rusa raksasa atau rusa besar irlandia adalah salah satu spesies rusa terbesar yang pernah hidup di Bumi yang tersebar di Eurasia selama masa Pleistosen dari Irlandia, Siberia Sampai ke Cina.

Banyak ilmuan berpendapat bahwa kepunahan rusa ini di sebabkan oleh faktor-faktor seperti perubahan ekosistem, penyakit mematikan dan perburuan liar.

Fosil dari rusa ini pernah ditemukan di Isle of Man di Ballaugh dan di dua tempat di Siberia Barat.

5. Smilodon (Kucing Bergigi Pedang)

5 Mamalia Besar Yang Punah Pada Masa Pleistosen
Smilodon (Kucing Bergigi Pedang)

Smilodon adalah salah satu dari kelompok mamalia pemangsa yang telah punah dan memiliki ciri khas pada bagian gigi taring rahang atas yang berbentuk seperti pedang panjang melengkung.

Kucung besar ini hidup di Amerika Utara dan Selatan pada masa Pleistosen. Ketergantungan terhadap mangsa hewan besar mungkin menjadi salah satu penyebab kepunahannya.

Kucing besar ini mengalami keunahan pada akhir jaman Pleistone, sekitar 10.000 tahun yang lalu, bersama banyak spesies mamalia besar yang lain dari benua Amerika Utara dan Selatan.
Itulah daftar "5 Mamalia Besar Yang Punah Setelah Masa Pleistosen" semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat ImajiBlogku.

Posting Komentar

Copyright ©